Selasa, 02 Februari 2016

KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI



Komputer di masa kini sudah benar-benar kentara dampaknya terhadap kehidupan manusia modern. Bahkan bisa dikatakan, pengaruhnya sudah menjalar di hampir semua aspek kehidupan, mulai dari anak kecil hingga orang-orang dewasa.
Sebelum menjadi seperti yang bisa kita temui saat ini, pada dasarnya komputer mengalami evolusi yang amat panjang, termasuk memberikan dampak dan manfaat yang beragam pula bagi kehidupan manusia dari era yang satu ke era yang terjadi bertahun-tahun berikutnya.
Berbeda dengan jaman dulu ketika manfaat komputer masih dirasakan sangat terbatas. Saat ini manfaat komputer sudah berkembang menjadi begitu luas, bahkan terus membuka peluang-peluang lain yang kian tidak terbatas.
Pengertian komputer telah mengalami banyak perkembangan dari yang pada awalnya digunakan untuk menyebutkan orang yang dalam pekerjaanya perhitungan operasi aritmatika, namun seiring dengan berjalannya waktu komputer mengacu pada sebuah alat yang mampu melakukan banyak tugas dan memiliki banyak fungsi.



Istilah komputer berasal dari sebuah bahasa latin yaitu computareyang berarti menghitung dan dalm bahasa inggris disebut to computeyang pada awalnya ditujukan pada orang yang menghitung dan setelah itu ditunjukan pada sebuah alat hitung mekanis lalu seiring perkembangan perkembangan zaman menjadi alat yang sangat megah
Komputer dalam arti luas adalah seperangkat alat elektronik yang terhubung anatara satu dengan yang lainnya saling bekerjasama dan terkoordinasi dibawah kontrol sebuah program dengan kemampuan dapat menerima data lalu mengolahnya sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi.
Pengertian Komputer Menurut beberapa Ahli:
1.      William M. Fuori
Komputer merupakan suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
2.      Larry Long & Nancy Long
Komputer ialah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logic.
3.       Robert H. Blissmer
Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memprosesnya, menyimpan perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
4.      V.C. Hamacher et al
Komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output  berupa informasi.
5.      Elias M. Awad
Komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
6.      Donald H. Sanderes
Komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan tepat dan cepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).
7.      Williams, Sawyer
Komputer merupakan mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

Kelebihan komputer
Menurut Heinich dkk ( 1986) mengemukakan sejumlah kelebihan dan kelemahan yang ada pada medium komputer. Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan.Komputer memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatanya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat peserta didik dapat membuat kontrol terhadap aktifitas belajarnya. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap mahasiswa untuk menentukan kecepan belajar dan memilih urutan belajar sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam mengintegrasi komponen warna, musik, dan animasi grafik. Hal ini menyebabkan komputer menyampaikan informasi dan pengetahuan dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini menyebabkan program komputer sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan belajar  yang bersifat simulasi. Lebih jauh kapasitas memori yang dimiliki komputer memungkinkan penggunanya menayangkan kembali hasil belajar yang telah dicapai sebelumnya.

Kekurangan komputer
Disamping memiliki sejumlah kelebihan komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping itu pengadaan, pemeliharaan , dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak(software) memerlukan biaya yang relative tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan. Masalah lain adalah compability dan incompability antara hardware dan software. Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesipikasi yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang spesifikasinyan sama. Selain kedua hal diatas , merancang dan dan memproduksi program pembelajaran berbasis komputer merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer merupakan program intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.

Pengertian Biologi
Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan. Yang dibahas dalam pengertian biologi tidak lain adalah yang masih berkaitan dengan makhluk hidup, seperti zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang dibutuhkan makhluk hidup, serta berbagai hal mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.







Pada hakekatnya pengertian biologi berdasarkan kata biologi sendiri yang terdiri dari dua kata yaitu bio yang artinya makhluk hidup, dan logi atau logos yang artinya ilmu. Sebenarnya pengertian biologi banyak diberikan oleh para ilmuan tergantung dari ruang lingkup penelitian yang di lakukan.

Salah satu pengertian biologi atau ilmu hayat adalah suatu ilmu tentang kehidupan Biologi membantu manusia mengenal dirinya sebagai organisme, mengenal lingkungannya dan hubungan antara organisme dengan lingkungannya. Tujuan pengajaran biologi antara lain adalah mengembangkan cara berpikir ilmiah melalui penelitian dan percobaan; mengembangkan pengetahuan praktis dari metode biologi untuk memecahkan masalah kehidupan individu dan sosial; merangsang studi lebih lanjut di bidang Biologi dan bidang lain yang berhubungan dengan Biologi serta membangkitkan pengertian dan rasa sayang kepada makhluk hidup.

Biologi merupakan salah satu ilmu dasar yang ikut menentukan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan belajar biologi kita akan mempunyai kemampuan berpikir logis, sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah.

Pembelajaran biologi dapat dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer. Pembelajaran dengan komputer akan dapat membantu memahami materi pengertian biologi, karena dengan komputer memungkinkan untuk menghadirkan bentuk pembelajaran yang menarik. Dengan komputer dapat disajikan media pembelajaran yang memuat materi pembelajaran secara tekstual, audio maupun visual.

Pengertian biologi juga merupakan salah satu ilmu dasar yang ikut menentukan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan belajar Biologi kita akan mempunyai kemampuan berpikir logis serta memperoleh keterampilan dalam berpikir kritis, sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah.




Ilmu biologi sangat berpengaruh dan berguna bagi kehidupan manusia. biologi banyak digunakan untuk berbagai bidang kehidupan seperti pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran, dan lain sebagainya.
Peran Komputer dalam Pembelajaran Biologi
Komputer merupakan alat yang bisa dimanfaatkan sebagai media utama dalam pembelajaran karena berbagai macam kemampuan yang dimilikinya, diantaranya memiliki respon yang cepat secara virtual (tampilan) terhadap masukan yang diberikan siswa (user), mempunyai kapasitas untuk menyimpan dan memanipulasi informasi, serta dapat digunakan secara luas sebagai alat dalam kegiatan pembelajaran. Di samping itu, komputer memiliki kemampuan yang lain yaitu dapat mengendalikan dan mengatur berbagai macam media dan bahan pembelajaran seperti film, video, slide, dan informasi yang dapat dicetak.
Roestiyah (2001) menjelaskan bahwa secara teori, komputer mempunyai kekuatan keahlian yang lebih daripada seorang guru, karena komputer dapat:
  1. Menyimpan beberapa informasi
  2. Memilih informasi tersebut dengan kecepatan yang tinggi
  3. Menyajikan pada siswa dengan tanda diagram yang menantang
  4. Memberi jawaban tipe kebutuhan siswa
  5. Memberi umpan balik kepada siswa secara individual secepatnya
  6. Memberikan informasi yang berbedaan dengan siswa yang berbeda pula.
Keistimewaan pemakaian komputer dalam proses pembelajaran (Muhamad Ikhsan, 2006) :
  1. Komputer bisa mengajar secara individual (individualisasi dalam proses pembelajaran) kecepatan bisa sesuaikan dengan kemampuan siswa, metode/strategi belajar yang lebih tepat, penyesuaian isi materi dan tingkat kesukaran.
  2. Bisa digunakan kapan saja (tidak terbatas waktu) dan bisa digunakan dimana saja (tidak terbatas ruang).
  3. Hilangkan rasa malu takut.
Komputer dapat diprogram untuk dimanfaatkan dalam potensi mengajar dengan tiga cara, yaitu:
  1. Tutorial
Dalam hal ini program menuntut komputer untuk berbuat sebagai seorang tutor yang memimpin siswa melalui urutan materi yang mereka harapkan menjadi pokok pengertian. Komputer dapat menemukan lingkup kesulitan tiap siswa, kemudian menjelaskan pendapat-pendapat yang ditemukan siswa, menggunakan contoh dan latihan yang tepat dan mentes siswa pada tiap langkah untuk mencek bagaimana siswa telah mengerti dengan baik.
2.      Simulasi
Bentuk kedua pengajaran dengan komputer ialah untuk simulasi pada suatu keadaan khusus, atau sistem di mana siswa dapat berinteraksi. Siswa dapat menyebut informasi, sehingga dapat sampai pada jawabannya, karena mereka berpikir sehat, mencobakan interpretasinya dari prinsip-prinsip yang telah ditentukan. Komputer akan menceritakan pada siswa apakah dampak dari keputusannya, terutama tentang reaksi dari kritikan atau pendapatnya.
3.      Pengolahan Data
Rowntree (Roestiyah, 2001) menuliskan bahwa dalam hal ini komputer digunakan sebagai suatu penelitian sejumlah data yang luas atau memanipulasi data dengan kecepatan yang tinggi. Siswa dapat meminta kepada komputer untuk meneliti figur-figur tertentu, atau menghasilkan grafik dan gambar yang sulit/kompleks.
Penggunaan Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran:
1.      Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.
2.      Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.
3.      Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
            Jadi peranan komputer dalam pembelajaran IPA:
-          Adanya pembelajaran yang mandiri
-          Menjadikan pembelajaran lebih efektif, efisien, dan menyenangkan/menarik
-           Media pembelajaran dapat memecahkan masalahbbelajar peserta didik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar