Komputer di
masa kini sudah benar-benar kentara dampaknya terhadap kehidupan manusia
modern. Bahkan bisa dikatakan, pengaruhnya sudah menjalar di hampir semua aspek
kehidupan, mulai dari anak kecil hingga orang-orang dewasa.
Sebelum
menjadi seperti yang bisa kita temui saat ini, pada dasarnya komputer mengalami
evolusi yang amat panjang, termasuk memberikan dampak dan manfaat yang beragam
pula bagi kehidupan manusia dari era yang satu ke era yang terjadi bertahun-tahun
berikutnya.
Berbeda
dengan jaman dulu ketika manfaat komputer masih dirasakan sangat terbatas. Saat
ini manfaat komputer sudah berkembang menjadi begitu luas, bahkan terus membuka
peluang-peluang lain yang kian tidak terbatas.
Pengertian komputer telah mengalami
banyak perkembangan dari yang pada awalnya digunakan untuk menyebutkan orang
yang dalam pekerjaanya perhitungan operasi aritmatika, namun seiring dengan
berjalannya waktu komputer mengacu pada sebuah alat yang mampu melakukan banyak
tugas dan memiliki banyak fungsi.
Istilah komputer berasal dari sebuah
bahasa latin yaitu computareyang berarti menghitung dan dalm bahasa
inggris disebut to computeyang pada awalnya ditujukan pada orang yang
menghitung dan setelah itu ditunjukan pada sebuah alat hitung mekanis lalu
seiring perkembangan perkembangan zaman menjadi alat yang sangat megah
Komputer dalam arti luas adalah
seperangkat alat elektronik yang terhubung anatara satu dengan yang lainnya
saling bekerjasama dan terkoordinasi dibawah kontrol sebuah program dengan
kemampuan dapat menerima data lalu mengolahnya sehingga dapat menghasilkan
sebuah informasi.
Pengertian
Komputer Menurut beberapa Ahli:
1.
William M. Fuori
Komputer merupakan suatu alat
pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk
perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
2. Larry Long & Nancy Long
Komputer ialah alat hitung
elektronik yang mampu menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program
untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logic.
3. Robert H. Blissmer
Komputer adalah sebuah alat
elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input,
memprosesnya, menyimpan perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
4. V.C. Hamacher et al
Komputer adalah sebuah mesin
penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital
lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan
menghasilkan output berupa informasi.
5. Elias M. Awad
Komputer adalah sebuah alat hitung
yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
6. Donald H. Sanderes
Komputer merupakan sistem
elektronik untuk memanipulasi data dengan tepat dan cepat serta dirancang dan
diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah
instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya
(stored program).
7. Williams, Sawyer
Komputer merupakan mesin multiguna
yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar
kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita
gunakan.
Kelebihan komputer
Menurut Heinich dkk ( 1986)
mengemukakan sejumlah kelebihan dan kelemahan yang ada pada medium komputer.
Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa
keuntungan.Komputer memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan
kecepatanya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan.
Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat peserta didik dapat membuat
kontrol terhadap aktifitas belajarnya. Penggunaan komputer dalam lembaga
pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap mahasiswa untuk
menentukan kecepan belajar dan memilih urutan belajar sesuai dengan kebutuhan.
Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam mengintegrasi komponen
warna, musik, dan animasi grafik. Hal ini menyebabkan komputer menyampaikan
informasi dan pengetahuan dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini
menyebabkan program komputer sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan
kegiatan belajar yang bersifat simulasi. Lebih jauh kapasitas memori yang
dimiliki komputer memungkinkan penggunanya menayangkan kembali hasil belajar
yang telah dicapai sebelumnya.
Kekurangan komputer
Disamping memiliki sejumlah
kelebihan komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa
kelemahan. Kelemahan pertama tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program
komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping
itu pengadaan, pemeliharaan , dan perawatan komputer yang meliputi perangkat
keras (hardware) dan perangkat lunak(software) memerlukan biaya
yang relative tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat perlu
dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan
pendidikan. Masalah lain adalah compability dan incompability
antara hardware dan software. Penggunaan sebuah program komputer
biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesipikasi yang sesuai. Perangkat
lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang
spesifikasinyan sama. Selain kedua hal diatas , merancang dan dan memproduksi program
pembelajaran berbasis komputer merupakan pekerjaan yang tidak mudah.
Memproduksi program komputer merupakan program intensif yang memerlukan waktu
banyak dan juga keahlian khusus.
Pengertian Biologi
Biologi adalah ilmu yang mempelajari
segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan. Yang dibahas
dalam pengertian biologi tidak lain adalah yang masih berkaitan dengan makhluk
hidup, seperti zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang dibutuhkan makhluk
hidup, serta berbagai hal mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan
lingkungannya.
Pada hakekatnya pengertian biologi berdasarkan kata
biologi sendiri yang terdiri dari dua kata yaitu bio yang artinya makhluk
hidup, dan logi atau logos yang artinya ilmu. Sebenarnya pengertian biologi
banyak diberikan oleh para ilmuan tergantung dari ruang lingkup penelitian yang
di lakukan.
Salah satu pengertian biologi
atau ilmu hayat adalah suatu ilmu tentang kehidupan Biologi membantu manusia
mengenal dirinya sebagai organisme, mengenal lingkungannya dan hubungan antara
organisme dengan lingkungannya. Tujuan pengajaran biologi antara lain adalah
mengembangkan cara berpikir ilmiah melalui penelitian dan percobaan;
mengembangkan pengetahuan praktis dari metode biologi untuk memecahkan masalah
kehidupan individu dan sosial; merangsang studi lebih lanjut di bidang Biologi
dan bidang lain yang berhubungan dengan Biologi serta membangkitkan pengertian
dan rasa sayang kepada makhluk hidup.
Biologi merupakan salah satu ilmu
dasar yang ikut menentukan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, karena dengan belajar biologi kita akan mempunyai kemampuan berpikir
logis, sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah.
Pembelajaran biologi dapat
dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer. Pembelajaran dengan komputer
akan dapat membantu memahami materi pengertian biologi, karena dengan komputer
memungkinkan untuk menghadirkan bentuk pembelajaran yang menarik. Dengan
komputer dapat disajikan media pembelajaran yang memuat materi pembelajaran
secara tekstual, audio maupun visual.
Pengertian biologi juga merupakan
salah satu ilmu dasar yang ikut menentukan kemajuan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, karena dengan belajar Biologi kita akan mempunyai
kemampuan berpikir logis serta memperoleh keterampilan dalam berpikir kritis,
sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah.
Ilmu biologi sangat berpengaruh dan
berguna bagi kehidupan manusia. biologi banyak digunakan untuk berbagai bidang
kehidupan seperti pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran, dan lain
sebagainya.
Peran Komputer dalam Pembelajaran Biologi
Komputer merupakan alat yang bisa dimanfaatkan
sebagai media utama dalam pembelajaran karena berbagai macam kemampuan yang
dimilikinya, diantaranya memiliki respon yang cepat secara virtual (tampilan)
terhadap masukan yang diberikan siswa (user), mempunyai kapasitas untuk
menyimpan dan memanipulasi informasi, serta dapat digunakan secara luas sebagai
alat dalam kegiatan pembelajaran. Di samping itu, komputer memiliki kemampuan
yang lain yaitu dapat mengendalikan dan mengatur berbagai macam media dan bahan
pembelajaran seperti film, video, slide, dan informasi yang dapat dicetak.
Roestiyah (2001) menjelaskan bahwa secara teori,
komputer mempunyai kekuatan keahlian yang lebih daripada seorang guru, karena
komputer dapat:
- Menyimpan beberapa informasi
- Memilih informasi tersebut dengan kecepatan yang tinggi
- Menyajikan pada siswa dengan tanda diagram yang menantang
- Memberi jawaban tipe kebutuhan siswa
- Memberi umpan balik kepada siswa secara individual secepatnya
- Memberikan informasi yang berbedaan dengan siswa yang berbeda pula.
Keistimewaan pemakaian komputer dalam proses pembelajaran (Muhamad Ikhsan,
2006) :
- Komputer bisa mengajar secara individual (individualisasi dalam proses pembelajaran) kecepatan bisa sesuaikan dengan kemampuan siswa, metode/strategi belajar yang lebih tepat, penyesuaian isi materi dan tingkat kesukaran.
- Bisa digunakan kapan saja (tidak terbatas waktu) dan bisa digunakan dimana saja (tidak terbatas ruang).
- Hilangkan rasa malu takut.
Komputer dapat diprogram untuk dimanfaatkan dalam
potensi mengajar dengan tiga cara, yaitu:
- Tutorial
Dalam hal ini program menuntut
komputer untuk berbuat sebagai seorang tutor yang memimpin siswa melalui urutan
materi yang mereka harapkan menjadi pokok pengertian. Komputer dapat menemukan
lingkup kesulitan tiap siswa, kemudian menjelaskan pendapat-pendapat yang
ditemukan siswa, menggunakan contoh dan latihan yang tepat dan mentes siswa
pada tiap langkah untuk mencek bagaimana siswa telah mengerti dengan baik.
2. Simulasi
Bentuk kedua
pengajaran dengan komputer ialah untuk simulasi pada suatu keadaan khusus, atau
sistem di mana siswa dapat berinteraksi. Siswa dapat menyebut informasi,
sehingga dapat sampai pada jawabannya, karena mereka berpikir sehat, mencobakan
interpretasinya dari prinsip-prinsip yang telah ditentukan. Komputer akan
menceritakan pada siswa apakah dampak dari keputusannya, terutama tentang
reaksi dari kritikan atau pendapatnya.
3. Pengolahan
Data
Rowntree (Roestiyah, 2001)
menuliskan bahwa dalam hal ini komputer digunakan sebagai suatu penelitian
sejumlah data yang luas atau memanipulasi data dengan kecepatan yang tinggi.
Siswa dapat meminta kepada komputer untuk meneliti figur-figur tertentu, atau
menghasilkan grafik dan gambar yang sulit/kompleks.
Penggunaan Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran:
1. Untuk Tujuan
Kognitif
Komputer dapat mengajarkan
konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang
kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana
dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.
2.
Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang
dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk
menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi
pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.
3.
Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat
dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya menggugah
perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media
komputer.
Jadi
peranan komputer dalam pembelajaran IPA:
-
Adanya pembelajaran
yang mandiri
-
Menjadikan pembelajaran
lebih efektif, efisien, dan menyenangkan/menarik
-
Media pembelajaran dapat memecahkan masalahbbelajar peserta didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar