A.
Internet
Internet berasal dari kata International network, Jika diterjemahkan secara langsung berarti
jaringan internasional. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung
satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan internasional
karena internet menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer
yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.
Oleh karena itu maka internet merupakan kumpulan jaringan-jaringan
komputer yang saling terhubung satu sama lain. Oleh karena merupakan sebuah jaringan, sebuah komputer yang terhubung ke
internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga
terhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat
mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis.
Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu juga.
Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu juga.
B. Sejarah Internet
Sejarah dimulai pada tanggal Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama
kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts
Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya.
Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat
mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai
program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet
Pertahanan Amerika Serikat.
Proyek dari ARPANET adalah merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan,
dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan, yang akhirnya semua
standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
sekarang kita kenal dengan istilah TCP/IP (Transmission Control
Protocol/Internet Protocol).
Sejarah awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada
saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense)
membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di
daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan
untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang
dapat mudah dihancurkan.
Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer.
Kemudian beliau merencanakan jaringa yang disebut ARPANET yang dipublikasikan
pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer
yang terkoneksi.
Sejarah internet juga dimulai dengan komputer pertama berada di university
of California Los Angelos, komputer ke dua berada di Stanford Research
Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan
koputer ke emat berada di University Utah. Pada tahun 1971 jumlah komputer yang
terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet
dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn
mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton.
Sejarah Pada tahun 1972 sejarah perkembangan internet menjelaskan Ray
Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke
jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun ini
pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA
beruah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D berasal dari kata Defense. Pada
tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang pertama dengan
University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.
Sejarah pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium
Bell. Program ini berguna untuk melakukan file transfer. Pada tahun 1979 news
group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah
Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di Duke University) dan Steven
Bellovin (dari Universitas North Carolina).
Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini membicarakan
masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya. Sejarah internet,
pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk
protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Selanjutnya, Departemen Pertahanan
Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah sntadar. Saat itulah internet
didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan
TCP/IP sebagai protokol.
Sejarah internet pada tahun 1983 ialah John Postel dan Paul Mockapetris dan
Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengusulka sistem
pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di
internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org,
.net dan .com.
Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini
pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung
internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk
kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial.
C. Manfaat intrnet dalam dunia pendidikan
1. Internet Sumber Belajar
Ada beberapa trik yang harus dilakukan oleh guru dalam penggunaan internet,
pertama adalah browsing, mencari informasi sesuai dengan mata pelajaran. Dalam
browsing kita dapat mencari gambar, materi, skema, media yang dapat digunakan
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Saat itu guru tidak lagi hanya berpedoman
pada buku, karena buku biasanya tertinggal dengan informasi dari internet yang
serba baru.
2. Internet sebagai media pembelajaran
Contoh konkrit dalam pendayagunaan ICT adalah proses belajar dikelas yang
menggunakan internet sebagai media pembelajaran Sebagai media yang diharapkan
akan menjadi bagian dari suatu proses belajar di sekolah , internet diharapkan
mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komonikasi interaktif
antara guru dengan siswa. Kondisi yang perlu didukung oleh internet berkaitan
dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yaitu sebagai kegiatan
komonikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan
membantu siswa dalam memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka
mengerjakan tugas-tugas tersebut. ( Boettcher 1999). Internet dijadikan sebagai media
pembelajaran, karena mempunyai kelebihan sebagai berikut :
a.
Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas
sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
b.
Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang
dihadirkan secara global tidak perneh tidur. Dengan kata lain, kita dapat
melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari
dan 7 hari seminggu
c.
Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari
informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik
icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor
komputer kita
d.
Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas
elearning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat
meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis online, dsb.
Tentu saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti
ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut.
e.
Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai
berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
f.
Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi
melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang
menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau
mencetak informasi yang kita butuhkan.
3. Teknik Penggunaan
Dalam penggunaan internet, kita dapat melakukan secara halus sebagai contoh
tugas yang kita berikan dikumpulkan melalui email, atau kita kirimkan email
tugas pada siswa. Dengan demikian maka siswa harus membuat email. Kita dapat
juga memasang tugas di dalam blog, atau website. Siswa yang akan melihat tugas
harus mengunjungi blog yang bersangkutan.
Sebenarnya kita memaksa siswa untuk dapat menggunakan internet secara
halus, jika hal ini tidak dilakukan maka penggunaan internet hanya isapan
jempol saja.
Internet juga dapat digunakan untuk mengajar secara langsung di kelas
dengan bantuan LCD Proyektor, siswa akan mendapatkan hal-hal baru dan akan
berusaha mencarinya sendiri baik dirumah maupun di warnet tentang materi yang
dipelajari.
Kita dapat juga memanfaatkan secara offline, ini dilakukan jika computer di
sekolah kita tidak tersambung dengan jaringan internet atau karena tidak ada
hospot di sekolah kita. Dowload materi dan gunakan untuk mengajar di kelas.
Namun demikian, internet-pun masih
memiliki masalah dalam penggunaannya. Masalah pertama yaitu kurangnya
penguasaan bahasa Inggris. Sebagian besar informasi di Internet tersedia dalam
bahasa Inggris, yang akhirnya menuntut pengguna untuk menguasai bahasa Inggris
sebagai syarat mutlak untuk mengakses internet. Masalah berikutnya yaitu
internet memungkinkan pengguna untuk mencari apapun yang diinginkan tanpa ada
batasan sama sekali dan tanpa pandang bulu. Di samping informasi pendidikan dan
informasi lainnya yang bermanfaat, dalam internet juga terdapat hal-hal yang
tidak mendidik dan tidak sesuai bagi kalangan pelajar. Tanpa adanya mind
control yang kuat dari pengguna internet untuk membedakan informasi yang
baik dan yang buruk, adanya internet malah bisa mendatangkan bencana bagi
generasi pelajar.
Dengan demikian, internet akan sangat
membantu dalam dunia pendidikan dengan adanya control dan pengelolaan yang baik
dari penggunanya. Penggunaan yang benar dan sesuai sangat dibutuhkan agar
internet dapat berfungsi secara maksimal dalam membantu dunia pendidikan.
D. Keuntungan dan kerugian internet bagi dunia pendidikan
Pemanfaatan
internet bagi bidang pendidikan saat ini bukanlah hal yang langka terjadi.
Berbagai lembaga pendidikan kini telah bertransformasi ke media internet untuk
memaksimalkan segala kemampuan yang mereka miliki.
Keuntungan
internet:
- Dengan internet, kini seorang siswa bisa belajar melalui sistem pembelajaran jarak jauh. Bahkan seorang siswa masih bisa mengikuti berbagai mata pelajaran yang telah diajarkan disekolah meski sedang berada di luar negeri sekalipun, misalnya.
- Semakin mudahnya seorang pelajar untuk bisa mencari berbagai program beasiswa yang diadakan diseluruh dunia melalui internet.
- Siswa mudah mencari bahan untuk mengembangkan ilmu mereka.
- Seorang guru atau pengajar dapat dengan mudah memberi tugas pelajaran melalui sebuah website.
- Lembaga pendidikan atau guru dapat dengan mudah memberikan pengumuman kepada siswanya melalui sarana internet.
Kerugian
internet:
- Banyak siswa yang menjiplak karya orang lain untuk diakui sebagai karyanya didepan pengajarnya.
- Sering disalah gunakan siswa untuk mengakses hal yang tak berhubungan dengan pendidikan, yang bisa membuat pelajaran terbengkalai. Seperti misalnya chatingan, game atau situs dewasa.
·
http://www.pintarkomputer.org/2015/08/pengertian-internet-dan-manfaatnya.htmlhttp://rohmatullahh.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-internet-perkembangan-internet.html
http://www.top-ilmu.com/2014/03/keuntungan-dan-kerugian-internet-dalam.html
http://aherlies.blogspot.co.id/2015/08/manfaat-internet-dalam-pendidikan-dan.h
Tidak ada komentar:
Posting Komentar